Algoritma

 Algoritma


Pengertian

Algoritma adalah metode atau langkah yang direncanakan secara tersusun dan berurutan untuk menyelesaikan atau memecahkan permasalahan dengan sebuah intruksi atau kegiatan

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadikan manusia mampu menghasilkan karya-karya yang semakin canggih dan kompleks. Meskipun komputer dapat melakukan perhitungan dengan cepat dibandingkan manusia pada umumnya, namun komputer tidak bisa menyelesaikan masalah begitu saja tanpa diajarkan oleh manusia melalui urutan langkah-langkah (algoritma) penyelesaian yang didefinisikan terlebih dahulu. Selain digunakan untuk pemecahan masalah menggunakan komputer, algoritma juga dapat diterapkan dalam menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang membutuhkan sederet proses atau langkah-langkah prosedural.

Fungsi

Fungsi Algoritma

Algoritma berfungsi penting dalam pembuatan program komputer dengan mengubah permasalahan ke bahasa pemrograman.

Konsep algoritma dalam dituangkan dalam bahasa pemrograman, sehingga menjadi program komputer yang bisa digunakan banyak orang.

Berikut ini adalah contoh fungsi algoritma:

- Membantu memecahkan suatu permasalahan dengan logika dan sistematis.

- Membuat suatu program untuk penyelesaian masalah tertentu.

- Dapat digunakan berkali-kali.

- Menyederhanakan sebuah program yang rumit.

- Mengatasi permasalahan yang ada secara berurutan.

- Memudahkan pembuat program komputer untuk mengedit/memodifikasi program tanpa harus mengubah keseluruhan program.

- Memudahkan pembuat program komputer untuk menyusun program yang lebih rapi dan terstruktur.


Ciri-Ciri Algoritma


1. Finiteness (Punya Keterbatasan)

Algoritma harus berhenti setelah mengerjakan sejumlah langkah terbatas untuk memecahkan masalah tertentu secara spesifik.

2. Definiteness (Punya kepastian)
Algoritma harus memiliki perintah pasti dan spesifik, sehingga langkahnya tidak memiliki makna ganda (ambigu).

3. Input (Punya masukan)

Algoritma harus memiliki input, yaitu suatu masalah yang akan dipecahkan atau diproses. Besaran nilainya berkisar dari nol atau lebih input.

4. Output (Punya keluaran)

Algoritma harus memiliki output, yang berupa penyelesaian masalah atau solusi. Output ini berupa pesan atau besaran yang sesuai dengan input.

5. Effectiveness (Efektif)

Algoritma harus memiliki nilai efektivitas, yaitu menyederhanakan langkah-langkah rumit menjadi perintah sederhana yang menghemat waktu.


Teknik Penulisan Algoritma

Bentuk penulisan algoritma terdiri dari tiga jenis, yaitu deskriptif, flowchart, dan pseudocode. Ketiga jenis tersebut mempunyai cara penulisan yang berbeda-beda. Pada tahap awal atau pemula, penulisan bentuk deskriptif biasanya lebih banyak digunakan.


Contoh Algoritma

Contoh algoritma secara natural atau deskriptif

Nilai KKM

>Baca nama dan nilai murid

- jika nilai >= 75 maka:
keterangan = lulus.
- jika nilai < 75 maka:
keterangan = remidi.
tulis nama dan keterangan

Dari algoritma di atas, program yang dibuat akan memberi keterangan "lulus" pada murid yang memiliki nilai 75 atau lebih, dan memberi keterangan "remidi" pada murid yang memiliki nilai di bawah 75.


Contoh algoritma secara pseudocode

Untuk menghitung luas lingkaran menggunakan algoritma pseudocode, kita harus mengetahui  rumus luas lingkaran sebagai berikut:

rumus luas lingkaran

Rumus luas lingkaran adalah phi x r x r, atau 1/4 x phi x d x d.


Contoh berikut adalah algorimat pseudocode untuk menghitung luas lingkaran menggunakan pendekatan bahasa pemrograman pascal, dimana jari-jari diinput oleh pengguna dan hasilnya dicetak, adalah sebagai berikut:



program hitung_luas_lingkaran

deklarasi

var phi : float;

var r,luas:integer;

algoritma:

phi <-- 3.14;


read(r); {diinput user}


luas <-- phi * r *r;


write(luas);


Contoh algoritma menggunakan flowchart



LATIHAN

Buatlah algoritma jika kalian ingin masuk rumah saat malam hari, dan dalam keadaan gelap. apa yang harus kalian lakukan? silahkan tulis algoritma pemecahan masalah kalian menggunakan teknik penulisan flowchart

Selamat bermumet-mumetria
;)




Komentar

Postingan populer dari blog ini

MESIN KONVERSI

KISI-KISI INFORMATIKA PAS1 Tahun Pelajaran 2024-2025